Tips Merawat Laptop dengan Baik

Ilustrasi
Pada dasarnya, merawat sebuah laptop tidaklah sesulit merawat sebuah Komputer PC, karena bentuknya yang simple, dan mudah digerakkan ke segala arah. Namun demikian, bila tidak dirawat dan digunakan sembarangan bisa jadi si laptop kesayangan akan sering masuk ruang operasi walau hanya untuk sekedar perawatan. Perlu diketahui pula, komponen-komponen yang melekat pada laptop merupakan jenis komponen sparepart dengan harga yang cukup tinggi (bagi yang minim dana..hehe). Maka dari itu ada baiknya kita sebagai pengguna teknologi ini untuk senantiasa merawatnya bak kekasih kita sendiri dengan melakukan beberapa tips sebagai berikut.

1. Jangan meletakkan laptop saat menyala di atas kasur.
Suatu kejadian yang pernah saya pribadi alami, karena setelah 3 hari melakukan hal tersebut laptop saya mengalami kerusakan pada fungsi harddisk yang tidak bekerja mendadak dan akhirnya off atau mati total. Menurut perkiraan saya, sirkulasi udara panas yang dikeluarkan dari laptop tidak dapat dibiaskan secara maksimal oleh kasur dikarenakan bahan kasur bersifat menyimpan hawa panas dari laptop dan dikembalikan lagi ke sumbernya (srikulasi udara terhambat). Biasanya hal tersebut dicirikan dengan kondisi keyboard atau case laptop yang semakin panas dan dapat menyebabkan over-heating.

2. Jauhkan dari benda penghasil elektromagnetik.
Hal tersebut biasanya dapat menyebabkan kerusakan pada LCD laptop. Keadaan tersebut terjadi karena posisi laptop bersebelahan dengan speaker active, atau dengan benda yang memiliki sumber elektromagnetik yang cukup besar.

3. Hindari memindahkan laptop saat hidup.
Hal tersebut akan benar-benar berakibat fatal bagi harddisk laptop anda. Penjelasannya adalah laptop yang masih dalam keadaan hidup atau belum di shutdown/sleep itu berarti keadaan harddisk dan komponen lainnya juga sedang bekerja. Bila dalam keadaan tersebut kita sering memindahkan laptop dapat menyebabkan head pada harddisk akan menggores cylinder-nya.

4. Hindari mend-download software sembarangan di internet.
Usahakan jangan melakukan hal tersebut, harus lebih selektif untuk menginstal beberapa perangkat lunak yang bakal membahayakan laptop anda kedepannya. Karena bisa jadi sumber atau inang sofware tersebut merupakan cikal bakal virus seperti Trojan dan teman-teman. Pakailah software dengan lisensi resmi, atau sudah terpasang satu paket saat membeli laptop pertama kali. Bila terpaksa memasang software hasil men-download, usahakn men-scan terlebih dahulu dengan antivirus paling ampuh.

5. Jangan menggunakan laptop sampai dalam keadaan mati.
Biasanya kita memaksakan menggunakan laptop sampai dengan keadaan baterai 0%, apalagi bila sedang mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan deadline yang mendesak. Hal tersebut akan berpengaruh pada performa dan masa pakai baterai laptop anda. Sebaiknya bila akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama hendaknya baterai diisi sampai keadaan 100% dahulu dalam keadaan mati atau hidup namun tidak sedang digunakan (sleep). Bila sudah penuh, cabutlah charger-nya dan gunakan sebagai mestinya.

6. Berikan waktu istirahat pada laptop anda.
Seperti halnya manusia, laptop juga harus diberikan waktu istirahat dalam hal penggunaannya agar processor nya tidak rusak atau galat dan dingin.

Sekian beberapa curhatannya, semoga bermanfaat.---

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulai, Pohon Berkhasiat Obat

Way Kambas: Bercengkrama dengan alam lewat Lensa

Mengubah alga merah menjadi minyak bumi