Blackphone, Ponsel Anti Sadap NSA

Blackphone
Masalah privasi kian jadi perhatian menyusul terkuaknya upaya penyadapan Badan Keamanan Nasional AS (NSA) melalui perangkat mobile. Mulai sekarang perusahaan gabungan ventura siap merilis solusi untuk masalah itu, yaitu ponsel anti sadap dengan keamanan tingkat tinggi.

Dilansir Mashable, Kamis 16 Januari 2014, perusahaan modal ventura asal Swiss bersama dengan perusahaan asal AS, Silent Circle dan perusahaan asal Spanyol, Geekphone siap menghadirkan ponsel anti sadap NSA, Blackphone.

Ponsel layar sentuh itu mengedepankan sisi keamanan dari segala sisi, mulai sistem operasi hingga operator mitra ponsel.

Dari sistem operasi, Blackphone dipersenjatai sistem operasi OS Android yang memprioritaskan keamanan, yakni PrivatOS.

Sementara operator mitra ponsel merupakan vendor independen, sehingga memungkinkan pengguna membuat dan menerima panggilan ponsel, video chat, bertukar pesan, transfer sampai penyimpanan data secara aman.

Untuk spesifikasi detail, sejauh ini belum ada keterangan detail yang ditawarkan Blackphone. Namun, CEO Silent Circle, Mike Janke mengklaim Blackphone merupakan ponsel high-end,berarti ponsel itu akan hadir dengan spesifikasi yang wah.

Prioritas Blackphone bukan spesifikasi ponsel tapi tingkat pengalaman keamanan. Blackphone dilengkapi dengan protokol enkripsi data besutan Phil Zimmermann, PGP (Pretty Good Privacy). Blackphone memberikan pengguna segala hal yang mereka butuhkan. Guna memastikan privasi dan kendali komunikasi mereka

Untuk diketahui, Silent Circle merupakan perusahaan yang fokus pada enkripsi, sedangkan Geekphone merupakan perusahaan yang menjalankan perangkat berbasis Firefox.

Blackphone akan dipamerkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, pada 24 Februari mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulai, Pohon Berkhasiat Obat

Way Kambas: Bercengkrama dengan alam lewat Lensa

Mengubah alga merah menjadi minyak bumi