Suhu Dingin Ekstrem melanda Amerika Bagian Utara

Danau Michigan di Chicago yang membeku.
Dalam beberapa hari terakhir, negara adikuasa, United State of America telah dilanda salju dan temperatur super dingin dan tercatat tembus pada angka -50 derajat Celcius. Per tanggal 7 Januari 2014, suhu mencapai -16 derajat Celcius di Newark, -15 derajat Celcius di Central Park New York City, dan -23 derajat Celcius di Pittsburgh.

Ada beberapa anggapan bahwa peristiwa ini merupakan hal yang biasa terjadi berupa badai salju yang selalu muncul setiap tahun. Namun dilansir dari NBC News, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang tidak wajar dan disebabkan oleh sebuah fenomena alam yang disebut Polar Vortex (Pusaran Kutub).

Perlu diketahui bahwa Polar Vortex merupakan aliran udara dingin besar yang berputar di puluhan ribu kaki di bawah atmosfir. Pada dasarnya, aliran udara itu terkonsentrasi di wilayah Kutub Utara dan berputar mengarah ke selatan. Biasanya, aliran udara dingin itu hanya sampai ke timur laut Kanada. Tapi, menjadi sangat mengejutkan ketika aliran udara dingin itu bisa menjangkau jauh lebih ke selatan. Dan, ini membuat kurang lebih 140 juta orang Amerika merasakan beku.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulai, Pohon Berkhasiat Obat

Way Kambas: Bercengkrama dengan alam lewat Lensa

Mengubah alga merah menjadi minyak bumi